Translate

Kamis, 19 Mei 2016

Karuizawa, Nagano (Hari ketiga JR Tokyo Wide Pass)

Hari ketiga sekaligus terakhir pake tiket JR Tokyo Wide Pass, kita pake buat jalan-jalan ke Karuizawa, Nagano Prefecture. Dua alasan utama kita pergi ke karuizawa yaitu disana ada salju dan perjalanan kesana pake shinkansen 😁
P

Untuk perjalanan ke karuizawa kita pake shinkansen Hakutaka yang ke arah Kanazawa. Shinkansennya warnanya lebih kalem dan kaya lebih klasik keliatannya, tapi dalemnnya bagus dan paling seneng ada tempat buat charger HP. Yeay!

Hari ketiga ini udah cukup mulai lelah, jadinya kita jalan lebih santai dan gak ada target tempat wisata juga, yang penting ketemu salju aja hehe. Perjalanan dari Tokyo ke karuzawa kurang lebih mirip sama ke Gala Yuzawa sekitar 75 menit.

Sebenernya di karuizawa ini banyak juga tempat tujuan wisatanya. Selain karena udah mulai lelah, cuaca hari itu juga kurang bersahabat soalnya dingin banget dan dapet bonus hujan salju ☃.

Selasa, 17 Mei 2016

Gala Yuzawa Snow Resort (Hari Kedua JR Tokyo Wide Pass)

Hallo ladies and gentlemen.. πŸ™ˆ
Setelah seharian jalan-jalan di Kawazu menikmati sakura, hari kedua pake tiket JR Tokyo Wide Pass   kita pake untuk chilling out menikmati salju di Gala Yuzawa Snow Resort, yang merupakan salah satu snow and ski resort berskala dunia. Tempatnya recommended banget buat yang mau main ski, snowboard atau sekedar main salju dan bikin snowman :D. Dua hal yang favorit dan jadi motivasi saya ke Jepang adalah salju dan sakura. Jadi winter dan salju akan selalu jadi musim favorit saya.

Gala Yuzawa Snow Resort  berlokasi di Niigata Prefecture, sekitar 200 km dari Tokyo. Kalau menggunakan shinkansen butuh waktu sekitar 75 menit dari Tokyo station. Shinkansen ke Gala Yuzawa ini, cuma beroperasi di saat ski season (desember-april) aja yang pastinya dicover full sama JR Tokyo Wide Pass ❤️. Kelebihan dan kerennya ski resot Gala Yuzawa ini tempat pembelian tiket dan sewa peralatan ski nya tepat ada di stasiun Gala Yuzawa, jadi pas kita keluar dari stasiun shinkansen langsung masuk di pintu masuk tempat penjulan tiketnya. Buat yang belum pernah kesana ini nilai plus banget!

Pengalaman Pertama Naik Shinkansen ke Gala Yuzawa Station dari Tokyo Station

Ini pengalaman perdana saya naik shinkansen (kereta super cepat) jadi excited banget rasanya. Shinkansen dinobatkan jadi transportasi paling favorit buat saya karena luar biasa nyaman selama perjalanan. Mestipun secara umum transportasi di jepang memang juara sih, bersih, hampir selalu tepat waktu dan mudah untuk diakses dari tempat-tempat wisata di Jepang.

Shinkansen yang saya naiki dari Tokyo ke Gala Yuzawa namanya Max Tanigawa. Sebelumnya saya sudah reservasi tempat duduk (reserved seat) jadi udah tenang dan enggak takut bakal enggak kebagian tempat duduk. Gerbong shinkansen (Car) ini ada dua jenis yang reserved seat sama non-reserved seat, karena pake JR Tokyo Wide Pass ini gratis  buat reserved seat kita udah reserved seat pas kita beli tiket JR Kanto Pass. Reserved seat shinkansen ini bisa dilakukan kapan aja sebelum kita berangkat dan bisa juga dicancel atau ganti jadwal.

-Be like snow, cold but beautiful-

Kawazu Zakura Festival di Izu Peninsula (Hari Pertama JR Tokyo Wide Pass)

Konbanwa minasan... πŸ˜„
Kali ini saya mau berbagi pengalaman traveling hari pertama saya pake tiket JR Kanto Wide Pass ke Kawazu Zakura Festival di Izu Peninsula, Shizuoka Prefecture.
Apa itu Kawazu Zakura (Sakura)?
Kawazu zakura salah satu jenis sakura yang mekar paling awal di daerah sekitar Tokyo (jenis sakura lain di Tokyo biasanya mulai mekar akhir maret-awal april). Jenis kawazu zakura ini mulai mekar disaat suhu masih dingin saat winter (fuyu)  di bulan februari. Awalnya kawazu zakura ini ditemukan dan di budidayakan di daerah kawazu, izu peninsula, makanya namanya kawazu zakura. Selain di daerah kawazu, izu peninsula, pohon kawazu sakura tumbuh juga di tempat lain di sekitaran tokyo tapi pastinya gak sebanyak di sepanjang sungai Kawazu dan sekitarnya. Setiap tahunnya di Kawazu diselenggarakan Kawazu Cherry Blossom Festival, dimana kita bisa menikmati indahnya bunga sakura lebih awal jauh dari hingar bingar ibu kota πŸ˜„.

FYI Selama saya tinggal di jepang belom pernah ketemu sakura (Padahal sakura salah satu tujuan utama kenapa pengen banget ke jepang selain salju πŸ˜‚) jadi ini adalah pengalaman pertama saya ketemu si cantik cherry blossom. 🌸🌸🌸Obviously I couldn't be more excited.  πŸ˜

Btw, di hari pertama ini saya pergi sendirian soalnya partner travelingnya (aka partner in everything) gak libur di kampus dan baru bisa ikutan di hari kedua dan ketiga. Berhubung saya ini  suka banget petualangan sendiri (zaman masih sendiri dulu bisa disebut autis) jadi gak masalah sama sekali! Dan quote buat perjalanan kali ini "if you want to go fast and far, go alone" 😝

Buat perjalanan ke kawazu sakura festival ini saya udah reserved seat buat kereta limited express odoriko hari senin tanggal 15 februari 2016, jam 7.50 dari tokyo station ke kawazu station (tujuan izu-shimoda). Berhubung apato saya agak jauh sekitar 30 menit dari tokyo station plus belum tau nomor track (line) keretanya jadi harus berangkat sekitar jam 6.15 secara tokyo station luas banget. Petugas tokyo stationnya pun gak hapal semua nomor line keretanya donk. Saya sempet nanya petugas dan dikasih tau nomor line yang salah. Untungnya saya sadar dan liat informasi rute di line tersebut dan cari line yang bener (waktu saya berangkat limited express train Odoriko ada di line 9) buat JR Tokaido line.

Perjalanan dari tokyo station ke kawazu station sekitar 2,5 jam. Sepanjang jalan bisa tidur soalnya kereta dan tempat duduknya cukup nyaman. Tapi saya gak bisa tidur karena terlalu seneng mau liat sakura hehe. Sepanjang jalan mulai masuk daerah atami pemandangannya bagus sepanjang jalan pantai dan laut.

Setelah perjalanan cukup panjang disuguhin sama pemandangan yang cantik akhirnya sampai di kawazu station. Pertama kali keluar dari kereta suasananya udah bikin happy banget, karena mulai keliatan pohon sakura plus banyak simbol sakura dan warna pink. 🌸Love it that much!!

Kawazu Sakura Festival ini deket banget sama stasiun kawazu, sekitar 3-4menit. Dari exit stasiun Kawazu, nyebrang jalan, terus ngelewatin tempat orang-orang jual makanan dan souvenir khas kawazu, setelah itu kelihatan pohon kawazu zakura sepanjang sungi kawazu. Btw, Orang orang disana ramah banget (beberapa kali saya dibilanh kawai ☺️) dan suasana pedesaan yang masih asri banget jadi cocok banget buat winter getaway dari hiruk pikuk kota ibu tiri (eh ibu kota tokio) yang didukung cuaca yang udah gak begitu dingin. Setelah jalan sekitar 3-5 menit dari eki (stasiun) sampailah di sakura paradise of kawazu! That was my very first time seeing the overwhelming beauty of cherry blossom. Heaven!🌸🌸😍

Oleh-oleh aka souvenir aka omiyage yang banyak dijual di Kawazu Zakura Festival yaitu manisan buah yang sebenernya dijual di banyak tempat juga termasuk di kombini dan supa hehe. Waktu saya beli manisan ini saya dikasih bonus sama ibu penjualnya dan dia bilang ganbatte! Hai ganbarimasu!! 😁

Sebenernya banyak lokasi wisata lain di daerah Izu Peninsula terutama wisata laut dan pantai. Tadinya saya berniat ke beberapa Tempat Wisata di Izu Peninsula. Tapi karena saya terpesona dengan si kawazu zakura, kenyataannya saya stuck di satu tempat ini. Tapi saya gak nyesel dan kalau ada kesempatan dan rezeki totally pengen pergi kesana lagi bareng seseorang πŸ‘«.
Dibawah ada flyer yang membantu banget dari websitenya Kawazu tourist association in english.

Pengalaman menggunakan JR Tokyo Wide Pass (Sebelumnya JR Kanto Area Pass)

Dear my blog... mari pindah lapak kembali ngeblog dan corat coret disini 😁
Kali ini mau sharing pengalaman tentang tiket yang worthy banget dibeli buat  jalan jalan di area tokyo, kanto dan sekitarnya, namanya JR Tokyo Wide Pass (sebelumnya dikenal JR Kanto Area Pass). Saya pake tiket ini buat liburan winter karena mengcover biaya perjalanan ke Gala Yuzawa pake shinkansen. 😍
JR Tokyo Wide Pass ini adalah tiket khusus yang berlaku buat pemegang passport non-jepang (buat makhluk asing yang wisata/tinggal di jepang. Sorry to say alien, hewan dan tumbuhan gak bisa karena butuh nunjukin passport buat belinya πŸ‘½ #noted).

Keuntungan dari JR Tokyo Wide Pass ini bisa sepuasnya traveling pake pake kereta JR (termasuk Shinkansen dan Limited express trains) dan kereta non-JR tertentu selama 3 hari berturut-turut (tanggal ditentuin saat pembelian).  Harganya reasonable bange buat jalan jalan keluar tokyo pake Shinkansen atau Limited express trains (bisa hemat sampe 70%).

Harga Tiket
10.000 yen (dewasa)
5000 yen    (anak usia 6-11 tahun)

Info tentang JR Tokyo Wide Pass?

Buat info lebih detail tentang rute, kereta dan daerah mana aja yang dicover JR Tokyo Wide Pass bisa ditengok di Web JR Tokyo Wide Pass.  Perbandingan biaya yang harus dikeluarin antara pake JR Tokyo Wide Pass sama tiket biasa emang signifikan banget (terutama buat yang mau jalan-jalan pake shinkansen). Rekomendasi tempat yang worthy buat dikunjungin juga bisa diintip di Japan Guide JR Tokyo Wide Pass informasinya lengkap banget. Sasuga japan!!

Awal mulanya kita beli tiket JR Tokyo Wide Pass ini buat pergi ke tempat bersalju di winter kali ini buat bikin olaf ⛄️. Keuntungan pake JR Tokyo Wide Pass ini pas musim dingin yaitu bisa pake shinkansen sampai ke Gala Yuzawa Snow Park dan dapet berbagai tawaran discount!

Finally, keputusan jatuh sama si tiket ini setelah pemikiran panjang (sedikit cerita sebelum akhirnya kita jadi beli tiket ini, kita jalan ke JR East Travel Service Center Tokyo station dan pertama kita sampe sana kita berubah pikiran gak jadi beli. Terus beberapa hari kemudian kita kesana lagi, setelah sampe disana kita lupa bawa passport dan akhirnya balik ke apato buat bawa passport dan balik lagi buat beli tiket πŸ˜‚ #wishywashyalert).

Syarat Pembelian dan Tempat Pembelian JR Tokyo Wide Pass

Jangan lupa bawa PASSPORT (karena lupa bawa passport itu sakitnya disini πŸ’”). Selain di Tokyo Station JR Tokyo Wide Pass bisa dibeli di beberapa outlet JR East Travel Service Center Narita airport, Haneda airport, shinagawa station, shinjuku station, shibuya station, ikebukuro station, ueno station, yokohama station dan mito station.

Transportasi yang dicover sama JR Tokyo Wide Pass
  1. Unlimited kereta local, rapid, express, limited express and shinkansen dibawai  JR East di region Kanto dan juga sebagian wilayah Nagano, Niigata, Yamanashi and Shizuoka Prefectures.
  2. Unlimited kereta non-JR trains (local, rapid, express and limited express):
  • Saitama New Shuttle antara Omiya dan Railway Museum
  • Rinkai Line di pusat Tokyo

Gratis biaya Seat Reservations
Ohiya satu lagi keuntungan gede pake JR Tokyo Wide Pass yaitu free seat reservations buat kereta express, limited express sama shinkansen gratis. Jadi sebelumnya mendingan tujuan tempat jalan jalan ditentuin dulu dan dicari rutenya via Hyperdia contohnya, supaya bisa langsung reservasi kursi (terutama kalau perginya di hari libur). Kita kemarin juga sebelumnya reservasi kursi dulu buat limited express sama shinkansen selama 3 hari ke tempat tujuan kita. Reservasi kursi bisa dilakuin di kantor JR ticket (midori no madoguchi), travel service center atau information center, langsung bilang aja rute dan jadwalnya sama petugasnya sambil nunjukin JR Tokyo Wide Pass nya. Selain itu kalau kita mau ngerubah waktu keberangkatan atau ngebatalin reserved seat juga bisa langsung minta tolong petugasnya dengan nunjukin reserved seat ticket sebelumnya dan tiket JR Tokyo Wide Pass ke petugas. Di reserved seat tiket ada info nama kereta/shinkansen, jadwal, car number (nomor gerbong kereta), sama seat number (nomor tempat duduk).

Biaya traveling daerah Kanto tanpa JR Tokyo Wide Pass:
  1. Nikko 3,000 yen (Tobu Railways), 10,000 yen (shinkansen)
  2. Fuji Five Lakes 3.500 yen (bus), 7.000 yen (limited express train)
  3. Shimoda 12.000 yen (limited express train)
  4. Kusatsu Onsen 10.000 yen (limited express train
  5. Karuizawa 10.000 yen (shinkansen)
  6. Gala Yuzawa 10.000 yen (shinkansen)
  7. Kamakura 2.000 yen
Dan kita memutuskan 3 hari itu jatuh kepada
#day1 tujuan utama Kawazu Sakura Festival πŸŒΈ di Izu  Peninsula, Shizuoka Prefecture pake limited express train Odoriko. (Total 12000 yen)

#day2 tujuan utama main salju di Gala yuzawa snow resort ☃ Niigata Prefecture pake Shinkansen Max Tanigawa/Max Toki (shinkansen dua lantai) (total 10000 yen)

#day3 Karuizawa, Nagano Prefecture tujuan gak jelas πŸ˜‚ pake shinkansen Hakutaka/Asama (total 10000 yen)

So, pastinya untung banget donk.. Kalo gak pake JR Tokyo Wide Pass total biaya perjalanan nyampe 30.000 yen lebih. Jadi bisa hemat sekitar 70% 😍
    References : Jr East Website , Japan Guide Website dan pengalaman pribadi
    -We travel not to escape life, but for life not to escape us-